Mengapa kita harus mengetik cepat ??

Apa itu Fast Typing ?

Fast Typing atau umum dikenal mengetik cepat dengan adalah metode untuk mengetik secara cepat tanpa ada kesalahan karakter atau kata. Salah satu metode mengetik cepat, dikenal dengan mengetik 10 jari.

Mengapa harus menggunakan metode 10 jari ?

Pada jenis papan ketik QWERTY letak tombol-tombol tidak dibuat secara berurutan A, B, C, D, .... Z. akan tetapi memiliki pola tertentu. Agar jari-jemari kita memiliki wilayah kerja sehingga jari yang satu dengan jari yang lain tidak saling bertabrakan atau tumpang tindih.

Pada posisi awal, telunjuk kita berada di F dan J, jari tengah berada di K dan D (silahkan lihat gambar untuk sisanya). Dengan melakukan hal ini anda dapat menjangkau seluruh tombol yang ada di keyboard anda dengan jari terdekat anda. Setelah meletakkan jari-jari tersebut pada tempatnya, ini adalah gambar dimana saja area-area yang dijangkau oleh jari tersebut:


Gambar diatas menjelaskan jangkuan untuk masing-masing jari anda. Misal jari telunjuk kiri anda akan bertugas menekan tombol 4,5 R,T, F,G,V dan B sedangkan jari telunjuk kanan anda akan menekan 6,7,Y,U,H,J,N dan M. Sisanya bisa anda lihat sendiri.

Mengapa kita harus mengetik secara cepat ??

"Adakalanya kita memiliki prinsip yang penting selesai !!!!"
Pendapat itu tidak salah, namun, perlu diperhatikan bahwa efektifitas waktu dalam bekerja juga menjadi perhatian bagi sebagian perusahaan.

Coba saja kita kalkulasikan, untuk mengetik satu halaman penuh dengan kata-kata  yang totalnya berisi 500 kata per halaman, anda membutuhkan waktu 15 menit. Dengan kata lain, anda memperoleh kecepatan mengetik 33 Kata Per Menit (Word Per Minute / WPM). Coba saja bayangkan anda dapat memperbaiki kecepatan anda dalam mengetik menjadi 50 WPM, 500 kata yang berada dalam satu halaman tersebut bisa anda selesaikan dengan waktu 10 menit. Artinya, kita memiliki perbedaan 5 menit pada setiap halaman. 

Apabila kita memiliki 6 halaman, maka anda sudah memiliki perbedaan selama 30 menit . Namun, apakah selama ini anda hanya mengerjakan satu dokumen saja ? Mungkin saja anda sudah pernah mengerjakan 10 dokumen dalam bulan ini, berarti anda sudah kehilangan waktu 300 menit atau 5 jam! WOW ??

Waktu 5 jam cukup untuk dipergunakan pada aktivitas atau kegiatan yang lain.

Ukuran kecepatan dalam mengetik  

Menurut Wikipedia, satuan kecepatan yang banyak digunakan di dunia dalam mengukur kecepatan mengetik seseorang adalah  WPM atau Word Per Minute.  Pada sebuah studi/penelitian yang membagi kecepatan mengetik menjadi 3 kategori; cepat, sedang dan lambat. Masing-masing WPM dari 3 kategori tersebut adalah 40 (cepat), 35 (sedang) dan 23 (lambat) WPM. 

Sekarang seberapa cepat kamu dalam mengetik ??

Banyak cara mengetes kecepatan kamu dalam mengetik. Mulai dari cara manual dan dapat dilakukan sendiri dengan stopwatch, atau cara yang mudah dengan membuka situs 10Fast Fingers yang saat ini banyak sekali digunakan oleh orang di seluruh dunia, atau bahkan mencoba untuk berkompetisi dengan orang lain dalam mengetik cepat, baik bahasa Indonesia atau dalam bahasa lain.

Rekor Dunia
Orang tecepat dalam mengetik adalah Stella Pajunas pada tahun 1946 dengan kecepatan 216 WPM. Namun, yang masuk dalam Guiness Book Record adalah Barbara Blackburn yang dapat menjaga kecepatan yang stabil selama 50 menit dengan kecepatan 130 WPM. Kalau dia masuk dalam mode overclock/benar-benar cepat, maka dia dapat merai 212 WPM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar